Gambaran Umum ISO 9001

Penggunaan sistem manajemen mutu merupakan suatu keputusan strategis suatu organisasi. Baik itu organisasi dalam skala kecil maupun besar dapat menggunakan ISO SMM sebagai acuan dalam mengembangkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Keuntungan dalam penerapan ISO dapat dilihat disini. Rancangan dan penerapan sistem manajemen mutu organisasi dipengaruhi oleh:

  1. Lingkungan organisasi, perubahan-perubahan dalam lingkungan tersebut dan risiko-risiko terkait dengan lingkungan tersebut.
  2. Kebutuhan yang bervariasi
  3. Sasaran-sasaran tertentu.
  4. Produk-produk yang digunakan
  5. Proses-proses yang diterapkan
  6. Ukuran dan struktur organisasi.

Standarisasi Internasional ini atau yang kita sebut dengan ISO ini tidak dimaksudkan untuk menyeragamkan struktur sistem manajemen mutu atau menyeragamkam dokumentasinya, tetapi persyaratan-persyaratan dalam sistem manajemn mutu yang telah ditetapkan ini adalah untuk melengkapi persyaratan-persyaratan produk.

Dan penggunaan ISO ini dapat digunakan oleh berbagai macam pihak baik itu pihak internal maupun eksternal. Bahkan badan sertifikasi pun dapat menerapkan SMM ini dengan maksud untuk menilai kemampuan organisasi dalam memenuhi persyaratan pelanggan, peraturan, persyaratan perundangan yang terkait dengan produk dan persyaratan organisasi itu sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s