Pendekatan Proses

Di dalam ISO 9001 dikenal istilah pendekatan proses, pendekatan ini efektif digunakan pada saat organisasi mengembangkan, menerapkan dan meningkatkan efektifitas suatu sistem manajemen mutu, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memenuhi persyaratan pelanggan. Keefektifan dari suatu organisasi dapat dinilai dari keterkaitan antara satu proses dengan proses lainnya. bahkan keluaran (output) dari suatu proses dapat dijadikan sebagai masukan (input) untuk proses lainnya.

penerapan sistem dari suatu proses-proses dalam suatu organisasi, ditambah dengan identifikasi dan interaksi proses tsb dapat disebut sebagai pendekatan proses. keuntungannya adalah pengendalian yang terus menerus dan memastikan kelangsungan dari masing-masing proses. Inti dari pendekatan proses tersebut adalah :

  1. Memahami dan memenuhi persyaratan-persyaratan.
  2. kebutuhan untuk mempertimbangakan proses yang memiliki nilai tambah.
  3. mendapatkan hasil kinerja proses dan keefektifan.
  4. peningkatan secara berkelanjutan proses dari pengukuran yang dilakukan
Advertisements

One thought on “Pendekatan Proses

  1. Pingback: Plan Do Check Action (PDCA) | ISO SHARE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s