Ruang Lingkup ISO 9001:2008

Standar ISO 9001 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen mutu dimana suatu organisasi:

  • Perlu menunjukkan kemampuannya untuk menyediakan secara konsisten produk yang memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan perundangan yang berlaku, dan
  • Bertujuan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui proses peningkatan sistem secara berkelanjutan dan jaminan kesesuaian pada persyaratan pelanggan dan perundangan serta peraturan yang berlaku.

Catatan 1. Dalam standar iso 9001 istilah produk hanya diterapkan untuk:

  • Produk yang ditujukan atau disyaratkan oleh pelanggan.
  • Setiap hasil yang diinginkan dari proses realisasi produk.

Catatan 2. Persyaratan perundangan dan peraturan dapat dianggap sebagai persyaratan legal.

Jadi secara jelas melalui ruang lingkup diatas bahwa perusahaan yang menerapkan ISO 9001:2008 harus dapat menunjukkan kemampuan dalam menyediakan produk yang legal dan sesuai dengan apa yang dipersyaratkan oleh pelanggan. Sehingga produk illegal dan tidak sesuai dengan peraturan tidak dilayani oleh standar ISO 9001:2008 ini.

Penerapan

Semua persyaratan yang ada dalam klausul ISO 9001:2008 dimaksudkan untuk dapat diterapkan dalam semua bidang organisasi tanpa menghiraukan jenis, ukuran, dan produk yang dihasilkan.

Jika ada standar yang tidak dapat diterapkan maka dapat dipertimbangkan dalam pengecualian, pengecualian ini dapat diterima jika terbatas pada persyaratan pasal 7, dan pengecualian ini tidak berpengaruh pada kemampuan atau tanggung jawab dalam penyediaan produk yang sesuai kebutuhan pelanggan dan peraturan.

Sebagai contoh dalam perusahaan Jasa Penyewaan alat berat, dimungkinkan tidak diperlukan klausul tentang rancangan dan pengembangan dikarenakan setiap alat berat yang dimiliki sudah sesuai dengan standar manufaktur yang ada dan apabila terjadi kerusakan maka akan dilakukan perbaikan sesuai dengan standar manufaktur tersebut maka dalam kasus ini klausul rancangan dan pengembangan boleh di kategorikan dalam pengecualian.

Dalam istilah dan definisi juga disebutkan bahwa bila terdapat istilah “produk” maka dapat juga diartikan sebagai “Jasa”.  Sehingga perusahaan yang tidak menghasilkan output berupa produk (seperti contoh perusahaan diatas) tetapi memberikan pelayanan jasa masih dapat menerapkan standar ISO 9001:2008 .

Advertisements

One thought on “Ruang Lingkup ISO 9001:2008

  1. Pingback: 4.1 Persyaratan Umum ISO 9001:2008 | ISO SHARE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s