4.2.4 Pengendalian Rekaman

4.2.4 Pengendalian Rekaman

Catatan-catatan/rekaman yang dibuat untuk memberikan bukti kesesuaian terhadap persyaratan dan efektifitas pengoperasian sistem manajemen mutu harus dikendalikan.

Organisasi harus menetapkan suatu prosedur terdokumentasi untuk menentukan pengendalian yang diperlukan untuk identifikasi, penyimpanan, perlindungan, pengambilan, masa simpan dan pemusnahan catatan.

Catatan harus tetap terbaca, mudah diidentifikasi dan mudah diambil.

Sama halnya dengan penegndalian dokumen bahwa pengendalian rekaman adalah merupakan prosedur wajib dalam persyaratan ISO 9001, sehingga keberadaan prosedur harus di kendalikan dengan baik.

rekaman ini juga bisa digunakan sebagai bukti penerapan sistem manajemem mutu dalam perusahaan, begitu juga saat diadakan audit baik itu internal maupun eksternal rekaman menjadi bahan yang dapat di tunjukkan dalam proses audit tersebut.

Bahkan dalam suatu perusahaan yang telah berkembang dibutuhkan semacam bank data atau record centre untuk menyimpan semua bukti dan arsip-arsip perusahaan. Tentunya juga perlu adanya pengendalian terhadap metode penyimpanannya sehingga rekaman tersebut dapat dengan mudah unutk di telusuri dan dicari apabila sewaktu-waktu dibutuhkan kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s